ojgrup Tutorial 5 Tips Menggunakan AC Agar Awet dan Hemat Listrik

5 Tips Menggunakan AC Agar Awet dan Hemat Listrik

5 Tips Menggunakan AC Agar Awet dan Hemat Listrik

AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang penting untuk memberikan kenyamanan di rumah. Namun, AC juga membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap awet dan hemat listrik untuk anda gunakan.

Berikut ini adalah 5 tips menggunakan AC agar awet dan hemat listrik:

1. Bersihkan filter AC secara rutin

Filter AC adalah salah satu bagian penting dari AC yang berfungsi untuk menyaring udara kotor. Jika filter AC kotor, maka udara yang masuk ke dalam AC akan menjadi kotor dan dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras. Akibatnya, AC akan lebih cepat rusak dan konsumsi listriknya juga akan meningkat.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan filter AC secara rutin, yaitu setiap 1-2 bulan sekali. Cara membersihkan filter AC cukup mudah, yaitu dengan melepas filter AC dari AC, kemudian cuci filter AC dengan air bersih atau sabun cair.

2. Gunakan suhu yang tepat

Suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras. Akibatnya, AC akan lebih cepat rusak dan konsumsi listriknya juga akan meningkat.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan suhu AC yang tepat, yaitu sekitar 24-26 derajat Celcius. Suhu ini sudah cukup untuk memberikan kenyamanan di dalam ruangan.

3. Matikan AC jika tidak digunakan

Jika Anda tidak menggunakan AC, sebaiknya matikan AC. Dengan mematikan AC, maka Anda dapat menghemat listrik dan menjaga keawetan AC.

4. Cuci AC secara berkala

Selain membersihkan filter AC, AC juga perlu dicuci secara berkala. Cuci AC secara berkala dapat membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian luar dan dalam AC.

Cuci AC sebaiknya dilakukan oleh teknisi AC yang berpengalaman. Namun, jika Anda ingin mencuci AC sendiri, Anda dapat mengikuti petunjuk yang ada di buku manual AC.

5. Pilih AC dengan kualitas yang baik

AC yang berkualitas baik biasanya akan lebih awet dan hemat listrik. Oleh karena itu, sebaiknya pilih AC dengan kualitas yang baik saat Anda membeli AC.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga AC Anda agar tetap awet dan hemat listrik. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran listrik bulanan dan juga mengurangi kerusakan lingkungan.

6 Likes

Author: marwan_namjha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *